Kisah Inspiratif dari India

167193 172139549496852 135732123137595 401196 778104 n Kisah Inspiratif Naga Naresh Karutura dari IndiaNaga Naresh Karutura

Naga Naresh Karutura baru saja lulus dari IIT Madras di bidang Computer Science dan telah bergabung dengan di Bangalore. Anda mungkin bertanya, apa yang begitu istimewa tentang anak 21 tahun ini ? ketika ada ratusan siswa lulus dari IIT dan ingin bergabung dengan perusahaan besar seperti ? Naresh adalah anak yang spesial, orang tuanya buta huruf. Dia tidak memiliki kaki dan bergerak di dalam tenaga kursi roda. Walaupun demikian, dia tetap tersenyum, optimis dan penuh semangat, dialah Naresh. Dia mengatakan, “Tuhan selalu merencanakan hal untukku Itu sebabnya aku merasa aku beruntung..” ungkap Naresh merasa dia beruntung. Ini adalah sebuah kisah inspiratif dari India.

Anak Kampung

aku menghabiskan tujuh tahun pertama kehidupan aku di Teeparru, sebuah desa kecil di Andhra Pradesh, di tepi sungai Godavari. Prasad Ayahku adalah seorang sopir truk dan ibuku Kumari, seorang ibu rumah tangga. Walaupun mereka buta huruf, orang tua aku menanamkan dalam diriku dan kakaku (Sirisha) akan pentingnya belajar.

Melihat ke belakang, satu hal yang mengejutkan aku sekarang adalah cara ayahku mengajarkanku ketika aku berada di kelas 1 dan 2. Ayahku selalu menanyakan pertanyaan-pertanyaan dari buku teks, dan aku akan menjawab mereka. Pada saat itu, aku tidak tahu dia tidak bisa membaca atau menulis tetapi dia melakukan itu untuk membuatku bahagia, ia membantu aku dalam proses belajarku. Salah satu ingatan yang tidak hilang lainya adalah ketika banjir di desa dan bagaimana aku diletakan di atas kerbau oleh pamanku. aku juga ingat saat aku memetik buah-buahan dari pohon yang penuh duri.

Dulu aku sangat nakal, berlari-lari dan bermain sepanjang waktu dengan teman-temanku. Aku mendapat banyak omelan karena mengganggu orang tua yang tidur di sore hari. Saat mereka mulai marah-marah, aku akan lari ke ladang. aku juga ingat kalau aku sangat cepat menyelesaikan pekerjaan sekolah di kelas dan tidur di pangkuan guru.

11 Januari 1993, hari naas

Pada 11 Januari 1993 ketika liburan Sankranti, ibuku membawa aku dan adikku ke desa terdekat untuk acara keluarga. Dari sana kami pergi dengan nenek ke kampung. Sayangnya nenekku tidak jadi datang ke sana. Karena tidak ada bis hari itu, ibuku akhirnya menaiki truk sahabat ayahku. Karena ada banyak orang di truk itu, aku duduk di samping, dekat dengan pintu.

Itu adalah salahku, ketika aku mengutak-atik pintu gerendel menyebabkan pintu terbuka lebar dan akhirnya melemparkanku keluar. Saat aku terjatuh, kakiku terluka oleh batang besi yang menonjol dari truk. Tidak ada yang terjadi kepada aku kecuali sebuah goresan di kakiku.

Kecelakaan itu terjadi tepat di depan rumah sakit swasta besar tapi mereka menolak untuk mengobatiku dengan alasan itu adalah kasus kecelakaan. Kemudian polisi – polisi yang lewat membawa kami ke sebuah rumah sakit pemerintah.

Pertama aku menjalani operasi, usus kecil aku terpilin. Para dokter juga memperban kakiku. Aku ada di sana selama seminggu. Ketika dokter menemukan bahwa infeksi telah berkembang dan mencapai ke lutut, mereka meminta ayah aku untuk membawaku ke rumah sakit kabupaten. Di sana, para dokter dimarahi oleh orang tuaku karena mereka mengabaikan luka infeksiku dan akhirnya infeksi tersebut berkembang. Sayangnya tidak ada yang bisa orang tuaku lakukan karena mereka membiarkan aku begitu saja.

Dalam waktu singkat, kedua kaki aku diamputasi sampai ke pinggul.

Aku ingat, ketika aku terbangun dan bertanya ibuku, di mana kaki aku? aku juga ingat bahwa ibu aku menangis ketika aku mengajukan pertanyaan. Aku berada di rumah sakit selama tiga bulan.

Hidup tanpa kaki

165715 172139906163483 135732123137595 401200 5629693 n 376x500 Kisah Inspiratif Naga Naresh Karutura dari IndiaNaga Naresh Karutura

aku tidak berpikir hidupku berubah secara dramatis setelah aku kehilangan kedua kakiku. Karena semua orang di rumah menyayangiku, aku menikmati semua perhatian mereka semua daripada mengasihani diri sendiri. aku senang bahwa aku punya banyak buah-buahan dan biskuit.

‘Aku tidak pernah menyesal dan mengasihani diri sendiri’

Di hari aku mencapai desaku, rumahku dibanjiri orang yang penasaran, mereka ingin tahu bagaimana anak laki-laki tanpa kaki itu tampak. Tapi aku tidak terganggu, aku senang melihat begitu banyak dari mereka yang datang untuk melihatku, terutama teman-temanku. Semua temanku melihat bahwa aku adalah bagian dari semua game yang sedang mereka mainkan, mereka membawaku mana-mana.

Tangan Tuhan.

aku percaya pada Tuhan. aku percaya pada takdir. Aku merasa ia berencana semuanya untukku. Kalau bukan karena kecelakaan itu, kami tidak akan pindah dari desa ke Kota Tanuku. Di sana aku bergabung dengan sebuah sekolah misionaris, dan ayahku membangun sebuah rumah di samping sekolah. Sampai kelas standar kesepuluh, aku belajar di sekolah tersebut.

Jika aku terus di Teeparu, aku tidak mungkin dapat belajar hingga kelas 10. aku mungkin telah mulai bekerja sebagai seorang petani atau seseorang seperti itu setelah studi aku. aku yakin Tuhan punya rencana lain untuk aku.

Adik aku, teman aku

Ketika libur sekolah usai, orang tua aku pindah dari Teeparu ke kota Tanuku, dan memasukan kami berdua di sebuah sekolah misionaris. Mereka memutuskan untuk memasukkan adikku juga di kelas yang sama meskipun dia dua tahun lebih tua. Orang tuaku mengira dia bisa mengurus aku jika kami berdua di kelas yang sama. adik aku tidak pernah mengeluh.

Dia akan berada di sana untuk semuanya. Banyak teman yang memberitahu dan mengajarkan aku, Aku sangat beruntung memiliki kakak yang sangat mencintai aku. Sementara diluar sana ada banyak yang tidak peduli terhadap saudara mereka. Dia membawa aku ke sekolah selama beberapa tahun dan setelah beberapa saat, teman-teman aku akhirnya mengambil alih tugas tersebut. Ketika aku punya sepeda roda tiga, adik menggunakanya untuk mendorong aku ke sekitar sekolah.

Hidupku, aku akan berkata, normal, karena semua orang memperlakukan aku seperti anak normal. Aku tidak pernah merasa ingin mengasihani diri sendiri. aku adalah seorang anak laki-laki bahagia dan bersaing dengan orang lain untuk berada di atas dan yang lain juga melihat aku sebagai pesaing.

Inspirasi

aku terinspirasi oleh dua orang ketika berada di sekolah, guru Matematika aku Pramod Lal yang mendorong aku untuk berpartisipasi dalam berbagai tes bakat lokal, dan seorang anak brilian yang disebut Chowdhary yang merupakan seniorku memberitahu bahwa ia telah bergabung ke Gowtham Junior College untuk mempersiapkan IIT-JEE, itu menjadi impian aku juga. Akhirnya aku dapat meraih skor 542/600 di kelas 10.

Karena aku menduduki puncak dalam ujian negara, Gowtham Junior College membebaskan biaya sekolah untuk aku. Pramod juga membantu memberi rekomendasi biaya sekitar Rs 50.000 per tahun, yang orang tua aku tidak pernah mampu.

Pindah ke sebuah sekolah asrama

Tinggal di sebuah sekolah asrama adalah perubahan besar bagiku karena sampai saat itu hidupku berpusat di sekitar rumah dan sekolah dan aku memiliki orangtua dan kakak untuk mengurus semua kebutuhanku. Ini adalah pertama kalinya aku berinteraksi dengan masyarakat. Butuh waktu satu tahun bagi aku untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan baru.

Di sana, inspirasi aku adalah anak laki-laki bernama KKS Bhaskar yang berada di 10 teratas dalam ujian IIT-JEE. Ia digunakan untuk datang ke sekolah kita untuk mendorong kita. Meskipun orang tua aku tidak tahu apa-apa tentang Gowtham SMP atau IIT, mereka selalu melihat ke sana bahwa aku didorong dalam apa pun yang ingin aku lakukan. Jika hasilnya baik, mereka akan memuji aku hingga ke langit dan jika buruk, mereka akan mencoba untuk melihat sesuatu yang baik dalam hal itu. Mereka tidak ingin aku merasa buruk. Mereka adalah seperti orang tua mendukung indah.

Kehidupan di IIT-Madras

Meskipun peringkat keseluruhan aku di IIT-JEE tidak terlalu bagus (992), aku termasuk dalam kategori cacat fisik. Jadi, aku bergabung IIT, Madras untuk belajar Ilmu . Di sini, model peran yang menjadi inspirasiku adalah Karthik yang juga seniorku di sekolah. Aku memandang ke arahnya selama bertahun-tahun di IIT-Madras. Dia telah meminta agar kamar mandi terpasang bagi mereka yang memerlukan kebutuhan khusus sebelum aku datang ke sini sendiri. Jadi, ketika aku datang ke sini, kamar mandi sudah terpasang. Ia digunakan untuk membantu aku dan membimbing aku banyak ketika aku masih di sini.

Aku berevolusi sebagai orang dalam empat tahun, baik secara akademis dan pribadi. Ini telah menjadi pengalaman besar dapat belajar di sini. Orang-orang yang berinteraksi dengan begitu brilian hingga aku merasa istimewa untuk duduk bersama mereka di kelas. Hanya dengan berbicara dengan teman-teman labku, aku mendapat banyak perhatian.

‘Ada lebih banyak orang baik dalam masyarakat daripada yang buruk’

28 Juli 2008

Kata-kata tidak cukup untuk mengucapkan terima kasih kepada Prof Pandurangan dan semua teman lab aku, semua itu terlalu besar. Aku dikirim ke Boston bersama dengan empat orang lainnya untuk magang bersama Prof Pandurangan. Ini adalah pengalaman hebat.

Bergabung dengan R & D Google

Aku tidak ingin mengejar PhD, karena aku ingin orang tuaku beristirahat sekarang. Walaupun Morgan Stanley telah memilih aku, tapi aku lebih suka Google karena aku ingin bekerja di ilmu komputer murni, algoritma dan teori permainan.

Aku beruntung. Apakah Anda tahu mengapa aku mengatakan aku beruntung?

aku mendapatkan bantuan dari orang asing tanpa aku memintanya. Sekali setelah tahun kedua aku di IIT, aku dengan beberapa temanku sedang bepergian di kereta untuk mengikuti sebuah konferensi. Kami bertemu seorang pria yang disebut Sundar di kereta tersebut, dan dia telah merawat biaya asrama aku dari saat itu.

aku harus menyebutkan tentang kaki Jaipur. Aku pernah diberikan kaki Jaipur ketika aku masih di kelas 3 standar. Setelah dua tahun, aku berhenti menggunakan kaki palsu tersebut. Aku hampir tidak memiliki batang di kaki, hingga sangat sulit untuk mengikat mereka dengan tubuhku. Berjalan dengan kaki Jaipur sangat sangat lambat. Duduk juga akan menjadi masalah. lebih baik sepeda roda tigaku yang lebih cepat karena aku orang yang ingin melakukan hal-hal lebih cepat.

Satu hal besar tentang rumah sakit, mereka tidak berpikir peran mereka berakhir dengan hanya memperbaiki kaki Jaipur, mereka mengatur agar mata pencaharian dapat dinikmati untuk semua. Mereka menanyakan apa bantuan yang aku butuhkan dari mereka. aku katakan kepada mereka pada waktu itu, jika aku masuk ke IIT, aku membutuhkan bantuan keuangan dari mereka. Jadi, dari hari aku bergabung IIT, Madras, biaya aku diurus oleh mereka. Jadi, pendidikan aku di IIT tidak pernah menjadi beban orang tua aku dan mereka bisa mengurus penelitian adikku dibidang Keperawatan.

Kejutan menunggu aku di IIT

Setelah tahun pertamaku, ketika aku pulang, ada dua hal yang terjadi di kampus tanpa sepengetahuanku. Aku mendapat surat dari departemen aku bahwa mereka telah mengangkat departemen untuk orang sepertiku. Ia juga mengatakan bahwa jika aku datang sedikit lebih awal dan mereka akan memeriksa persyaratan untukku.

kejutan kedua adalah, Dekan, Prof Idichandy dan Mahasiswa Sekretaris Jenderal, Prasad telah menemukan tempat yang menjual kursi roda bertenaga. Biaya itu Rs 55.000. Apa yang mereka lakukan adalah, mereka tidak membeli kursi roda, mereka memberi aku uang sehingga kursi roda milik aku dan bukan milik lembaga.

Hidup aku berubah setelah itu. Aku merasa bebas dan independen. Itu sebabnya aku mengatakan bahwa aku beruntung. Allah telah merencanakan sesuatu untuk aku dan merawat aku di setiap langkah.

Dunia ini penuh dengan orang-orang baik.

aku juga merasa jika Anda termotivasi dan menunjukkan inisiatif, maka orang-orang di sekitar anda akan selalu membantu anda. aku juga merasa ada lebih banyak orang baik dalam masyarakat daripada yang buruk. aku ingin semua orang yang membaca ini merasa bahwa jika Naresh dapat mencapai sesuatu dalam hidup, anda juga bisa.

-Dilansir dari Babita Satpati

Leave a Reply

